Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Adaptasi Pada Tumbuhan



Setiap makhluk hidup di dunia ini akan melakukan adaptasi agar kelangsungan hidupnya terjaga. Yang dimaksud dengan adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya

Adaptasi pada tumbuhan terjadi melalui penyesuaian bentuk atau alat-alat tubuhnya dengan lingkungan habitatnya, melalui penyesuaian fungsi kerja alat-alat tubuhnya, serta melalui penyesuaian tingkah lakunya dengan lingkungan habitatnya.

Mari kita amati beberapa contoh adaptasi pada beberapa tumbuhan berikut ini:

Adaptasi Pada Pohon Cemara



Pohon cemara mempunyai bentuk daun yang runcing. Daunnya yang runcing berguna untuk mengurangi penguapan.

Nah, bentuk daun ini juga termasuk adaptasi pohon cemara terhadap lingkungan yang panas.

Adaptasi Pada Tumbuhan Teratai



Teratai adalah tumbuhan yang hidup di permukaan air. Air yang terlalu banyak juga tak bagus bagi teratai. Prinsip yang sama juga berlaku pada makhluk hidup lain.

Karena itulah struktur teratai memungkinkan ia menyerap air sesedikit mungkin, dan sebaliknya membuang air sebanyak-banyaknya. Teratai berdaun lebar dan tipis yang berfungsi untuk memperbanyak penguapan. Akarnya bercabang dan pendek untuk membatasi laju penyerapan air. Tangkai daunnya juga berongga untuk membatasi daya serap akar.

Adaptasi Pada Tumbuhan Putri Malu



Apakah kamu pernah melihat tumbuhan putri malu? Tumbuhan putri malu daunnya akan mengatup apabila disentuh sehingga tampak seperti layu dan tidak enak dimakan.

Adaptasi Pada Kaktus



Kaktus merupakan tanaman yang hidup di daerah panas. Batang kaktus tebal dan berlapis lilin. Batangnya yang tebal berfungsi sebagai tempat persediaan air.

Batangnya juga tertutup oleh duri. Duri tersebut berguna sebagai pelindung diri dan untuk mengurangi penguapan.

Adaptasi Pada Kantung Semar



Kantung semar termasuk dalam insektivora. Insektivora adalah tanaman pemakan serangga.

Pada waktu tertentu, bunga kantung semar mengeluarkan bau menyengat. Bau tersebut berguna untuk menarik serangga. Selain bau menyengat, kantung semar juga mempunyai cairan khusus yang ada di dalam kantung. Cairan tersebut untuk mencerna serangga yang terjebak.

Adaptasi Pada Tumbuhan Bakau


Tumbuhan ini hidup di pinggiran pantai. Tumbuhan bakau memiliki akar tunjang untuk menopang tubuhnya agar tetap kokoh.

Akar tunjang merupakan salah satu bentuk adaptasi pohon bakau terhadap lingkungan pantai.




No comments:

Post a Comment