Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Mengenal Benda Konduktor dan Isolator


Benda konduktor adalah benda-benda yang dapat mengantarkan listrik dari sumber listrik. Sebaliknya, benda isolator adalah benda-benda yang tidak bisa mengalirkan listrik dari sumber listrik.

Apakah benda-benda yang termasuk jenis konduktor dan isolator? Perhatikan gambar berikut.

Satu buah baterai sebagai sumber listrik dihubungkan ke lampu dengan menggunakan kabel yang disambung dengan sebuah saklar dari logam. Saat saklar diaktifkan, lampu tersebut akan menyala karena arus listrik mengalir dari baterai ke lampu.

Apa yang terjadi pada lampu ketika saklar logam diganti dengan kawat, karet, atau sedotan plastik? Jika saklar logam diganti dengan karet dan sedotan plastik, lampu tidak bisa menyala. Hal ini  cuma berarti satu hal, karet dan sedotan plastik tidak dapat menghantarkan listrik.

Karet dan sedotan plastik, demikian pula kayu, kertas, kain, digolongkan sebagai bahan isolator


Contoh dan Penerapan Konduktor dan Isolator Listrik


Aluminium, perak, dan emas adalah konduktor listrik

Contoh dari konduktor listrik adalah tembaga, perak, perunggu, aluminium, dan emas. Emas dan perak merupakan konduktor listrik yang sangat baik, tetapi karena harganya sangat mahal, kabel rumah tangga biasanya menggunakan bahan dari tembaga. Hanya peralatan tertentu, dengan kebutuhan khusus, yang menggunakan bahan dari emas dan perak.

Contoh dari isolator listrik adalah karet, kayu, kain, dan plastik

Konduktor dan isolator listrik digunakan bersamaan dalam berbagai peralatan listrik. Mengapa demikian?

Coba saja bayangkan jika setrika listrik di rumah kamu terbuat seluruhnya dari tembaga, setrika tersebut tidak akan bisa digunakan karena akan membuat kamu tersengat arus listrik.

Sekarang coba lihat berbagai peralatan yang menggunakan listrik di rumahmu.

No comments:

Post a Comment