Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Jenis-Jenis Energi dan Pemanfaatannya



Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan.  Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemui bentuk energi. Sebut saja energi listrik. Energi listrik kita gunakan untuk menerangi ruangan melalui sebuah lampu, untuk menanak nasi, menyetrika, mencuci pakaian, dan banyak lagi kegunaan lainnya.

Energi bersifat kekal, dan tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan melainkan hanya berubah bentuk dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya.

Mari kita membahas berbagai bentuk energi dan pemanfaatannya.

Energi Matahari dan Pemanfaatannya


Panel surya mengubah energi matahari menjadi energi listrik

Energi matahari adalah sumber energi terbesar dan paling besar ketersediaannya. Melalui penggunaan panel surya, energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik.

Selain sumber listrik, sinar matahari kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjemur bahan makanan, pakaian, bahkan sebagai bahan bakar mobil bertenaga matahari.

Energi matahari juga dipergunakan lebih luas oleh makhluk hidup. Tumbuh-tumbuhan menggunakan cahaya matahari sebagai proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan.

Energi Listrik dan Pemanfaatannya


Berbagai peralatan sehari-hari memanfaatkan energi listrik

Energi listrik kita gunakan secara luas dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh pemanfaatan energi listrik:

Energi listrik diubah menjadi energi cahaya untuk menerangi ruangan dalam rumah. Energi listrik diubah menjadi energi panas untuk menyetrika, mengeringkan rambut, menanak nasi. Energi listrik diubah menjadi energi gerak untuk menggerakkan blender, mesin cuci, dan kipas angin. Berbagai peralatan elektronik memanfaatkan energi listrik, seperti televisi, radio, handphone, pengeras suara, dan banyak lagi.

Energi Angin dan Pemanfaatannya


Nelayan memanfaatkan energi angin untuk berlayar

Angin juga merupakan salah satu bentuk energi. Nelayan menggunakan energi ini untuk berlayar ke laut. Kita juga menggunakan energi angin untuk menerbangkan layang-layang.

Energi angin juga bisa digunakan untuk menghasilkan listrik menggunakan kincir angin raksasa.

Energi Air dan Pemanfaatannya


Air dibutuhkan makhluk hidup untuk beraktivitas. Air yang deras merupakan sumber energi gerak. Energi itu biasa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. Oleh karena itu, di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dibuat bendungan air di tempat yang tinggi. Air yang dibendung tersebut, kemudian dialirkan menurun sehingga akan mengalir, seperti air terjun yang deras.

Energi gerak dari air terjun tersebut digunakan untuk memutar generator pembangkit listrik.

Energi Kimia dan Pemanfaatannya


Contoh energi kimia yang mudah kita jumpai adalah baterai dan aki. Kedua benda ini menghasilkan listrik dari hasil reaksi kimia. Makanan juga memiliki energi kimia, sehingga orang yang makan akan memiliki energi untuk beraktivitas.

Contoh energi kimia lainnya adalah bensin yang mengandung energi kimia, sehingga dapat digunakan untuk menggerakkan mesin.


No comments:

Post a Comment