Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Organ-Organ Pernapasan Manusia



Organ pernapasan pada manusia terdiri atas hidung, pangkal tenggorok (faring), batang tenggorok (trakea), cabang batang tenggorok (bronkus), anak cabang batang tenggorok (bronkiolus), dan paru-paru (pulmo).

Semua organ pernapasan ini bekerja dalam suatu sistem yang disebut sistem pernapasan. Sistem inilah yang membuat kita bisa bernapas.

Organ pernapasan manusia


Hidung


Hidung adalah organ pernapasan yang langsung berhubungan dengan udara luar, baik itu mancung atau pun pesek tidak ada kaitannya.

Hidung baik yang mancung atau pesek, semuanya dilengkapi dengan bulu-bulu hidung, indra pembau, selaput lendir, dan konka.

Bagian-bagian ini bukannya ada tanpa tujuan. Semuanya bekerjasama dan berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran, zat-zat berbahaya, bau tidak sedap, sebagai perangkap benda asing yang masuk terhirup saat bernapas, serta menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru agar sama suhunya dengan suhu tubuh.


Pangkal Tenggorok (Faring)


Udara yang hangat dan lembap yang kita hirup, dari rongga hidung selanjutnya masuk ke faring. Faring atau pangkal tenggorok, mempunyai dua percabangan, yaitu saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang.

Pada bagian jakun yang terletak pada pangkal tenggorok terdapat pita suara. Pita suara inilah yang bergetar sehingga mengeluarkan suara.



Batang Tenggorok (Trakea)


Udara yang telah masuk ke saluran pernapasan selanjutnya masuk ke batang tenggorok (trakea). Fungsi batang tenggorok adalah untuk menyediakan tempat bagi udara yang dibawa masuk dan udara yang akan dikeluarkan.

Batang tenggorok bercabang menjadi dua. Percabangan batang tenggorok disebut bronkus, yang masing-masing cabang memasuki paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Cabang Batang Tenggorok (Bronkus)


Bronkus strukturnya hampir sama dengan trakea, tetapi lebih sempit. Bentuknya tidak teratur berselang seling dengan otot. Di dalam paru-paru, bronkus akan bercabang-cabang lagi menjadi bronkiolus.

Anak Cabang Batang Tenggorok (Bronkiolus)


Bronkiolus adalah percabangan dari bronkus.

Paru-Paru (Pulmo)


Paru-paru adalah alat pernapasan utama manusia, terbagi menjadi dua bagian, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Paru-paru dibungkus oleh pleura, yaitu selaput yang berangkap dua.  Fungsi pleura adalah untuk melindungi paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis.

Alveolus


Alveolus (jamak: alveoli) terdapat di ujung akhir bronkiolus. Alveolus ini berbentuk seperti kantung kecil yang salah satu sisinya terbuka.

Dinding alveolus tersusun dari satu lapis sel yang lembab dan tipis, hal ini untuk memudahkan molekul-molekul gas melaluinya. Dinding alveolus berbatasan dengan pembuluh kapiler darah untuk pertukaran gas pernapasan.

No comments:

Post a Comment