Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Planet-Planet di Sistem Tata Surya



Berapakah jumlah bintang di jagat raya? Saat Abu Nawas ditanya hal ini, ia membawa seekor kambing, "Jumlah bintang-bintang di langit sama dengan jumlah bulu pada kambing ini, saya sudah hitung sendiri. Kalau tidak percaya, silakan hitung sendiri."

Tetapi kalau ditanya jumlah planet dalam sistem tata surya kita, jumlahnya ada delapan planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Kedelapan planet-planet ini beredar mengitari matahari melalui jalur-jalur tertentu yang disebut garis edar atau orbit yang berbentuk elips.

Planet-planet dalam tata surya bisa beredar mengelilingi matahari karena adanya gaya tarik atau gaya gravitasi matahari. Gaya gravitasi matahari inilah yang mengikat planet tetap pada orbitnya.

Orbit planet berbentuk elips, karena itulah planet-planet itu kadang dekat dan kadang jauh jaraknya dari matahari. Titik terdekat planet ke matahari disebut perihelium, sedangkan titik terjauh planet ke matahari disebut aphelium.

Planet Dalam dan Planet Luar


Planet dalam dan planet luar dalam sistem tata surya terpisahkan oleh sabuk asteroid

Dilihat dari letaknya terhadap garis edar bumi, planet-planet di dalam sistem tata surya tersebut dikelompokkan menjadi dua, yaitu planet dalam dan planet luar.
  • Planet dalam adalah planet yang mengorbit di dalam sabuk asteroid. Planet dalam terdiri atas empat planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
  • Planet luar adaah planet yang mengorbit di luar sabuk asteroid. Planet luar terdiri atas empat planet juga, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Perbedaan antara planet dalam dengan planet luar dapat dilihat pada tabel berikut.

Faktor Pembeda
Planet Dalam
Planet Luar
Ukuran
Berukuran kecil
Berukuran besar
Materi Penyusun
Terdiri atas benda padat
Terdiri atas gas
Jarak dari Matahari
Berjarak dekat dari Matahari
Jaraknya jauh dari Matahari
Revolusi terhadap Matahari
Mengelilingi Matahari dalam waktu yang pendek
Mengelilingi Matahari dalam waktu yang panjang

Planet di Sistem Tata Surya


Urutan kedelapan planet mulai dari yang terdekat dengan matahari sampai yang terjauh dengan matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Merkurius - Bumi - Mars - Venus

Merkurius

Planet Merkurius berukuran kecil dan hampir tidak mempunyai atmosfer. Permukaannya dipenuhi kawah (tampak berlubang-lubang) seperti permukaan bulan.

Pada siang hari, suhu di permukaan Merkurius sangat panas, mencapai 400ºC dan sebaliknya suhu pada malam hari sangat dingin mencapai -200 ºC.

Merkurius berjarak 58 juta kilometer dari Matahari. Fakta menarik, satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.

Venus

Planet Venus ini tampak sangat mengkilap karena memiliki atmosfer yang tebal seperti awan putih yang menyelubungi permukaan Venus.

Suhu siang hari di Venus mencapai 500 ºC, lebih panas dari Merkurius yang lebih dekat dengan Matahari.

Venus sering disebut bintang pagi atau bintang senja karena terlihat berkilauan saat matahari terbit dan pada saat matahari tenggelam.

Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi.

Bumi

Bumi merupakan tempat kita berpijak dan hidup. Bumi memiliki atmosfer. Suhu permukaan bumi memungkinkan makhluk hidup dapat hidup di planet ini.

Mars

Planet Mars mempunyai permukaan berbatu-batu. Suhu permukaannya lebih dingin daripada suhu di permukaan bumi karena letaknya yang lebih jauh dari matahari.

Mars mempunyai kutub es seperti bumi dan mempunyai gunung berapi yang aktif. Gunung berapi yang terbesar bernama Gunung Olimpus dengan ketinggian 23.000 m dari permukaan tanah di sekitarnya. Hasil penyelidikan yang dilakukan terhadap tanah Mars memperlihatkan bahwa tanah tersebut seolah-olah berisi jasad serba hidup.

Jupiter - Saturnus - Uranus - Neptunus

Jupiter

Planet Jupiter merupakan planet yang terbesar dalam sistem tata surya. Planet ini berdiameter 11 kali diameter bumi dan bervolume 1.300 kali volume bumi. Awan yang berputar kencang dalam atmosfer Jupiter bergerak dengan kelajuan 200 mil per jam.

Atmosfer Jupiter terdiri atas hidrogen dan helium, serta mempunyai awan dari amoniak dan kristal es.

Saturnus

Planet ini merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter. Angkasanya atau atmosfernya diselimuti oleh sabuk-sabuk awan yang kaya akan hidrogen dan dapat memantulkan sinar matahari dengan baik.
Suhu di permukaan Saturnus adalah -170ºC. Saturnus mempunyai cincin yang berlapis-lapis terdiri atas kristal es dengan lebar 402.000 km dan tebal 15 km.

Uranus

Planet Uranus ditemukan oleh Sir Wilhelm Herschell tahun 1781. Planet ini terselubungi kabut tebal terutama terdiri atas gas metana. Garis tengahnya kira-kira empat kali garis tengah bumi.

Neptunus

Keadaan Planet Neptunus hampir sama dengan Uranus sehingga kedua planet ini sering disebut planet kembar. Suhu permukaan Planet Neptunus mencapai -120 ºC.

Kedelapan planet tersebut tidak memancarkan cahaya sendiri. Planet tampak berkilau seperti bintang karena planet memantulkan cahaya matahari yang menyinari permukaannya. Bagian permukaan planet termasuk bumi yang mendapat sinar matahari akan mengalami siang dan bagian lain yang tidak mendapatkan cahaya matahari akan mengalami malam.

No comments:

Post a Comment