Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Membaca Non Sastra - Paragraf & Kalimat Utama


Sebuah teks atau bacaan terdiri atas beberapa paragraf. Paragraf sendiri terdiri atas satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Kalimat utama merupakan kalimat yang memuat ide pokok dalam satu paragraf. Sedangkan kalimat-kalimat penjelas berfungsi menjelaskan kalimat utama.

Kalimat utama bisa diletakkan di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf. Letak kalimat utama menentukan jenis paragraf dalam bacaan. Paragraf dengan kalimat utama terletak di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf dengan kalimat utama terletak di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf dengan kalimat utama terletak di awal dan di akhir paragraf disebut paragraf campuran (deduktif-induktif).

Menentukan Kalimat Utama


Berikut langkah praktis menentukan kalimat utama.
  1. Bacalah kalimat pertama dan terakhir dalam paragraf.
  2. Tentukan ide pokok di antara kalimat- kalimat tersebut.
  3. Kalimat yang memuat ide pokok itulah kalimat utama.

Menentukan lde Pokok Paragraf


Ide pokok atau gagasan pokok atau disebut juga gagasan utama, merupakan masalah utama yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. lde pokok dapat terletak diawal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), di awal dan di akhir paragraf (deduktif-induktif), atau di seluruh paragraf.

Menentukan Simpulan Paragraf


Simpulan paragraf merupakan inti sari dari paragraf. Agar dapat menyimpulkan isi sebuah paragraf, kamu harus membaca paragraf itu dari awal sampai akhir.

Cara menyimpulkan isi sebuah paragraf dapat melalui dengan langkah-langkah berikut.
  1. Bacalah paragraf dengan saksama dari awal sampai akhir.
  2. Tentukan ide pokok paragraf tersebut.
  3. Simpulkan paragraf berdasarkan ide pokok paragraf.


Menentukan Pernyataan Sesuai isi Paragraf


Menurut Kamus Besar Bahasa lndonesia, pernyataan merupakan pemberitahuan atau permakluman. Pernyataan dalam paragraf dapat berupa informasi yang disampaikan penulis. Cara praktis menentukan pernyataan sesuai isi paragraph adalah memahami semua informasi dalam paragraf. Pernyataan sesuai isi paragraf dapat ditentukan dengan membahasakan ulang kalimat-kalimat dalam paragraf. Kalimat-kalimat tersebut harus sesuai dengan ide pokok yang dibahas.

Menentukan Kalimat Tanya dalam Paragraf 


Setiap bacaan memuat inti masalah yang ingin disampaikan kepada pembaca. lsi bacaan terletak di paragraf pertama, kedua, ketiga, atau paragraf lainnya. lsi bacaan merupakan inti masalah yang dibahas dalam bacaan. lsi bacaan meliputi objek yang dibicarakan (apa), berkaitan dengan orang yang ada dalam pembicaraan (siapa), berkaitan dengan waktu (kapan), berkaitan dengan tempat (di mana), berkaitan dengan alasan (mengapa), dan berkaitan dengan uraian peristiwa (bagaimana).

Kamu akan menjawab pertanyaan dengan kata tanya bagaimana dan mengapa. Jawabannya harus sesuai dengan isi paragraf, karena itulah intinya.


Menjawab Pertanyaan dengan Kata Tanya Bagaimana dan Mengapa

  1. Kata Tanya Bagaimana,
    Kalimat dengan kata tanya bagaimana, menanyakan penjelasan suatu permasalahan. Jawabannya berupa penjelasan atau uraian permasalahan yang ditanyakan.
  2. KataTanya Mengapa, Kalimat tanya dengan kata Tnya mengapa menanyakan alasan atau sebab timbulnya suatu masalah atau peristiwa dalam bacaan. Alasan yang dikemukakan dalam kalimat jawaban ditandai dengan adanya kata 'karena' atau 'sebab'.


Memprediksi Kejadian Berkaitan dengan lsi Bacaan


Bacaan memuat informasi. Selain itu, bacaan memuat peristiwa atau kejadian. Sebagai pembaca, kamu dapat memprediksi atau memperkirakan kejadian yang berkaitan dengan isi bacaan. Kamu dapat memprediksi kejadian dalam bacaan dengan memahami isi bacaan secara menyeluruh. Kejadian atau peristiwa yang kamu tentukan harus berkaitan dengan isi bacaan. Jika muncul satu masalah, akan memunculkan masalah lain. Akan tetapi, masalah tersebut memiliki nilai baik dalam kehidupan.

No comments:

Post a Comment