Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Matahari Sebagai Pusat Tata Surya



Matahari adalah pusat tata surya kita. Planet-planet dan benda-benda langit lainnya berputar mengelilingi matahari dalam lintasannya masing-masing.

Matahari adalah sebuah bintang, artinya ia bisa menghasilkan cahayanya sendiri. Ibarat bola gas pijar, suhu matahari sangat tinggi sekali, bisa mencapai 6.000 derajat celcius.

Unsur yang membentuk matahari adalah hidrogen (paling banyak, 69,5%), helium (28%), karbon, nitrogen, dan unsur-unsur lainnya.

Matahari juga merupakan benda terbesar dalam tata surya. Ia menjadi sumber energi utama bagi kita karena panas dan cahaya yang berasal dari matahari memungkinkan adanya kehidupan di bumi.

Bagaimana bisa planet-planet, termasuk bumi, mengelilingi matahari? Apa tujuannya?

Jadi tiap benda memiliki gaya tarik menarik, disebut gaya gravitasi. Gaya gravitasi ini dipengaruhi oleh massa benda, selain itu juga dipengaruhi oleh jarak benda.

Nah, demikian pula bumi dan matahari. Karena massa matahari jauh lebih besar dari massa bumi, maka bumi berputar dan beredar mengelilingi matahari untuk mempertahankan diri terhadap gaya gravitasi matahari.

Bumi dan bulan mengitari matahari

Bulan juga demikian. Ia berputar dan beredar mengelilingi bumi untuk mempertahankan diri terhadap gaya gravitasi bumi, sebab massa bumi lebih besar dari massa bulan.

Sementara jarak juga berpengaruh. Contohnya, apabila kita menjatuhkan kelereng dari atas gedung bertingkat, kelereng itu akan jatuh ke bawah, ke permukaan bumi. Akan tetapi, apabila kelereng itu dibawa ke angkasa jauh dari permukaan bumi, maka kelereng itu tidak akan jatuh ke bumi, tetapi melayang-layang di angkasa. Hal itu terjadi karena kelereng sudah tidak lagi dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi.

Nah, kesimpulannya, makin jauh jarak antara kedua benda, maka gaya tarik (gravitasi) di antara kedua benda itu akan semakin kecil.

Selain bumi, benda-benda angkasa yang mengitari matahari di antaranya planet, satelit, komet, dan asteroid. Bumi termasuk ke dalam planet.

Matahari dan semua benda angkasa yang mengitarinya disebut tata surya, dengan matahari sebagai pusatnya.

No comments:

Post a Comment