Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Penyakit dan Gangguan pada Sistem Peredaran Darah pada Manusia




Pasti kamu pernah merasakan sakit. Manusia dan sakit, sepertinya adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Bagian-bagian tubuh manusia, semuanya berpotensi mendatangkan penyakit.

Kali ini kita mempelajari beberapa gangguan atau penyakit yang menyerang alat peredaran darah manusia.

Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi, ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah. Beberapa gejala penyakit ini di antaranya adalah jantung berdebar-debar, sesak napas saat kerja berlebihan, dan badan terasa lemah serta kepala menjadi pusing.

Sklerosis


Sklerosis adalah pengerasan pembuluh nadi (arteri) yang disebabkan oleh terbentuknya kerak keras di bagian dalam dinding pembuluh nadi.

Akibat adanya kerak pada dinding pembuluh darah, bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan akibat selanjutnya terjadi hipertensi (tekanan darah tinggi).

Varises 

Pembuluh darah normal (kiri) dan pembuluh darah penderita varises (kanan)

Varises adalah pelebaran pembuluh balik (vena) yang umumnya terjadi di bagian betis. Di bagian betis tersebut tampak tonjolan yang menyerupai jalan berbelok-belok berwarna biru.

Penyebab varises adalah karena terlalu lama berdiri atau kerja yang banyak menggunakan kaki.

Serangan Jantung


Arteri yang tersumbat oleh kolesterol

Serangan jantung terjadi jika pembuluh arteri koronaria yang terdapat pada jantung tidak dapat mengirimkan darah yang cukup ke sel-sel jantun, karena tersumbat oleh lemak atau kolesterol.

Arteri koronaria adalah pembuluh darah yang mengaliri otot jantung dengan darah yang mengandung oksigen dan nutrisi.  Penyakit jantung karena kondisi demikian disebut penyakit jantung koroner.

Stroke


Stroke adalah suatu penyakit yang terjadi karena matinya jaringan di otak. Stroke diakibatkan kurangnya asupan oksigen ke otak. Hal ini bisa terjadi jika pembuluh darah pada otak tersumbat atau salah satu pembuluh darah di otak pecah.

No comments:

Post a Comment