Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Mengidentifikasi Jenis Paragraf, Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Persuasi



Mengidentifikasi jenis-jenis paragraf


Bacaan terdiri atas beberapa paragraf. Paragraf terdiri atas beberapa kalimat.

Sebuah paragraf adalah unit terkecil dalam sebuah karangan yang terdiri atas kalimat pokok dan kalimat penjelas.

Kalimat pokok merupakan ide pokok dalam sebuah paragraf. Kalimat pokok disebut juga dengan dengan gagasan utama.

Kalimat penjelas merupakan kalimat yang berfungsi untuk menjelaskan secara lebih detail dari kalimat pokok. Kalimat penjelas disebut juga dengan gagasan penjelas.
Paragraf yang baik harus memenuhi kriteria berikut :
  1. Terdapat satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas. .
  2. Antarkalimat saling bertautan (berkoherensi) sehingga membentuk satu kesatuan.

Menentukan Jenis Paragraf


a. Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah sebuah paragraf dengan tujuan untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seolah-olah mengalami sendiri kejadian itu.

Dalam paragraf narasi akan ditemukan tiga unsur utama sebagai bahannya.
  1. Pertama, adanya tokoh-tokoh; 
  2. Kedua, adanya kejadian; dan 
  3. Ketiga, adanya latar baik tempat, waktu, maupun suasana.

b. Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang bertujuan untuk menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu.

Paragraf ini menggambarkan sesuatu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Perinciannya lebih ditekankan dengan penggunaan pancaindra.

Objek yang digambarkan tentang keindahan alam, keadaan jasmani, watak, atau perasaan seseorang.

c. Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang berisi tentang pemaparan sejumlah pengetahuan atau informasi yang sejelas-jelasnya . Dengan tujuan utama, supaya pembaca mendapat informasi dan pengetahuan dengan sejelas-jelasnya.

Paragraf eksposisi juga berisi petunjuk cara (instruksi) melakukan atau membuat sesuatu

d. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang dibuat dengan tujuan untuk memengaruhi, mengimbau, membujuk, atau merayu pembaca supaya terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis.

Contoh Soal dan Pembahasan


1. Perhatikan kutipan paragraf berikut.

Napitupulu memiliki keluarga yang demokratis. Saat liburan tiba, mereka selalu melakukan musyawarah di ruang keluarga. Semua anggota keluarga diajak mengikuti musyawarah untuk menentukan objek wisata yang akan dikunjungi. Ayah Napitupulu sebagai kepala keluarga pada semua kesempatan, selalu terbuka terhadap usul dan pendapat semua anggota keluarga.

Jenis paragraf tersebut adalah
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. persuasi

Jawaban: A

Paragraf tersebut menceritakan keluarga Napitupulu yang demokratis. Paragraf tersebut menampilkan tokoh dan latar yang merupakan kriteria paragraf narasi. Jadi, paragraf tersebut termasuk narasi.

2. Perhatikan kutipan paragraf berikut.

Pantai Tanjung Tinggi terletak lebih kurang 35 km dari Tanjungpandan. Pantai Tanjung Tinggi sangat indah. Pantainya berbentuk teluk kecil dengan panjang lebih kurang 100 meter, berpasir putih dengan bebatuan granit yang tinggi menjulang. Berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi seolah-olah wisatawan berada di dunia khayalan.

Jenis paragraf tersebut adalah
A. persuasi
B. eksposisi
C. deskripsi
D. narasi

Jawaban: C

Paragraf tersebut menggambarkan keindahan Pantai Tanjung Tinggi.Penggambaran tersebut membuat pembaca seolah-olah menyaksikan sendiri keindahan pantai tersebut. Jadi, paragraf tersebut termasuk deskripsi.

3. Perhatikan paragraf berikut.

Pembuatan ikan asin ada banyak cara, salah satunya adalah dengan metode penggaraman basah. Proses penggaraman ini akan menghasilkan ikan asin yang basah. Pertama-tama, ikan harus dibersihkan terlebih dahulu. Jika ukuran ikan terlalu besar, sayat dan potong ikan hingga lebih kurang maksimal ketebalannya 1 cm. Kemudian, campur garam dengan konsentrasi 50% dalam air bersih. Rendam ikan dalam larutan garam tersebut. Rendam ikan selama satu hari jika menginginkan rasa tidak terlalu asin. Rendam ikan selama dua hari jika menginginkan rasa yang asin. Sesudah itu, angkat ikan dan cuci dengan air bersih. Jemur ikan hingga agak kering Kemas dalam wadah kedap udara atau simpan dalam lemari pendingin

Jenis paragraf tersebut adalah
A. deskripsi
B. persuasi
C. narasi
D. eksposisi

Jawaban: D

Paragraf tersebut menjelaskan proses pembuatan ikan asin. Paragraf tersebut memaparkan langkah-langkah yang dapat diikuti pembaca. Jadi, paragraf tersebut termasuk eksposisi.

4. Perhatikan paragraf berikut.

Faktor penyebab gangguan pencernaan antara lain pola makan tidak teratur, sering terlambat makan, dan kurang mengonsumsi sayur dan buah. Seseorang yang kurang memperhatikan gizi makanan kemungkinan juga akan mengalami gangguan pencernaan. Salah satu upaya menjaga saluranpencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang

Jenis paragraf tersebut adalah
A. eksposisi
B. persuasi
C. narasi
D. deskripsi

Jawaban: B

Paragraf tersebut mengajak pembaca untuk mengatur pola makan sehat dan seimbang. Pola makan sehat dan seimbang merupakan upaya mencegah gangguan pencernaan. Paragraf tersebut termasuk persuasi

No comments:

Post a Comment