Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Wawancara Dengan Narasumber


Pernahkah kamu melakukan wawancara? Wawancara adalah sebuah kegiatan mendapatkan informasi dari pihak lain melalui dialog yang terencana.

Profesi apa yang menurutmu banyak membutuhkan wawancara? Wartawan ... tepat sekali. Untuk menyajikan suatu berita, seorang wartawan melakukan wawancara sebagai bahan pelengkap, atau bahan utama pemberitaannya. Seringkali wawancara yang dilakukan tidak hanya dilakukan pada satu orang saja, tetapi juga banyak orang.

Persiapan Wawancara


Agar wawancaramu berjalan dengan baik dan lancar, kamu harus mempersiapkannya dengan baik terlebih dahulu. Hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum wawancara adalah

  1. Membuat jadwal atau janji dengan orang yang akan diwawancarai (narasumber). Kapan dan di mana wawancara akan dilangsungkan.

  2. Persiapkan daftar pertanyaan.
    Sebaiknya kamu sudah mempunyai daftar pertanyaan yang akan ditanyakan. Paling tidak buatlah garis-garis besar pertanyaan. Ini penting agar kamu tidak bingung dan gugup mau menanyakan apa lagi kepada narasumber. Jika narasumber sangat terbuka dan asik, kamu bahkan bisa menambah daftar pertanyaan.

  3. Persiapkan peralatan
    Jangan lupa peralatan untuk mencatat hasil wawancara. Gunakan pula alat perekam suara, karena kamu tidak mungkin bisa mencatat semua hasil wawancara.

Tahap-Tahap Wawancara

  1. Tahap pembukaan
    Perkenalkan diri kepada narasumber, kemukakan pula maksud dan tujuan wawancara.

  2. Tahap inti
    1. Pada tahap ini mulailah mengajukan pertanyaan secara jelas dan teratur sesuai daftar pertanyaan atau garis-garis besar pertanyaan yang telah kamu buat. Ada kemungkinan pertanyaan yang kamu ajukan tidak berurutan sesuai daftar pertanyaan yang kamu buat, tergantung proses wawancara yang dilakukan.
    2. Catat hal-hal penting dalam wawancara. Jangan lupa nyalakan alat perekammu.
    3. Jangan menyela narasumber saat sedang berbicara.
    4. Biarlah proses wawancara mengalir wajar dalam suasana yang menyenangkan.

  3. Penutup
    Setelah wawancara berakhir, ucapkan terima kasih kepada narasumber, berpamitanlah secara sopan. Jangan lupa menulis biodata narasumber dalam wawancaramu.

Bagaimana, sudah siapkah kamu melakukan wawancara?


No comments:

Post a Comment