Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Ciri Khusus Hewan



Gais, tahukah kamu kalau setiap makhluk hidup itu mempunyai kemampuan yang luar biasa. Bahkan spiderman pun bisa begitu hebat hanya karena dia memiliki kekuatan dari laba-laba.

Habis ini kita akan belajar bersama-sama tentang kekuatan dari beberapa hewan yang ada disekeliling kita. Setiap hewan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu kita dengan mudah mengenali ciri-ciri dari mereka.


Kemampuan hewan yang hebat ini sebenarnya mereka gunakan untuk 3 hal, yaitu :
  1. Mencari makan
  2. Melindungi diri dari pemangsa
  3. Mempertahankan hidup dari kondisi lingkungan
Mari kita mengenali beberapa kemampuan yang dimiliki oleh hewan yang kita kenal dibawah ini


KELELAWAR




Tau kan kelelawar? Kelelawar termasuk hewan malam / nokturnal. Hewan ini keluar dari sarang dan mencari makan di malam hari. Makanan hewan ini berupa buah-buahan.

Kamu tahu gak bagaimana kelelawar dapat terbang di malam yang gelap tanpa menabrak benda-benda di sekitarnya?

Ketika terbang, kelelawar mengeluarkan bunyi berfrekuensi tinggi melalui mulut dan hidungnya. Bunyi yang mereka keluarkan ini mengenai benda-benda di sekitarnya dan kemudian memantul menimbulkan gema.

Perlu kamu tahu bahwa indera pendengaran kelelawar lebih peka daripada manusia. Sehingga gema dapat ia dengar dan kelelawar bisa mengetahui dengan tepat jauh dekatnya rintangan atau makanan yang ada.


Hal ini yang menyebabkan kelelawar dapat terbang dengan cepat tanpa menabrak benda-benda yang ada di sekitarnya, walaupun dalam keadaan gelap gulita.

Dengan kepekaan pendengarannya ini, kelelawar dapat membedakan mana yang menjadi makanan atau mangsanya dan mana yang bukan. Hebat bukan?


ANJING LAUT



Anjing laut merupakan mamalia yang hidup di air yang sangat dingin. Dia banyak hidup didaerah kutub selatan dan kutub utara. Agar tidak kedinginan, hewan ini memiliki bulu dan lemak tebal yang terdapat di bawah kulit. Anjing laut suka sekali dengan makan ikan. Dia berburu ikan di lautan lepas.

Lalu bagaimana anjing laut bisa berenang dengan cepat untuk menangkap ikan?


Dalam hal ini, anjing laut memiliki selaput di sela-sela jari. Jika dilihat sepintas, bentuk kakinya mirip sirip ikan. Hal ini yang menyebabkan anjing laut sangat pandai berenang dan menyelam.

Nah itulah kemampuan dari anjing laut.


PINGUIN




Sama seperti anjing laut, pinguin juga hidup di air yang sangat dingin. Agar tidak kedinginan, hewan tersebut dikaruniai bulu tebal dan lemak tebal yang terdapat di bawah kulit.

Pinguin memiliki sayap dan kaki yang sangat tepat jika digunakan untuk berenang. Pada kakinya terdapat selaput renang.


Bentuk sayap pinguin disesuaikan dengan keperluan hidupnya, yaitu untuk berenang mencari ikan, makanan favoritnya.


BUNGLON 



Bunglon memiliki kekuatan yang istimewa. Dia dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya. Jika dia berada di dedaunan hijau, warna tubuhnya akan mengikuti menjadi hijau. Jika dia berada di batang pohon yang coklat, dia juga akan mengubah warnanya menjadi coklat.

Perubahan warna ini dilakukan oleh bunglon jika merasa takut atau tertarik pada makhluk lainnya. Selain itu juga dipengaruhi oleh perubahan suhu dan cahaya.


Biasanya warna tubuh bunglon berubah menyerupai warna tempat yang dipijaknya sehingga dapat mengecoh musuh. Kemampuan bunglon menyesuaikan warna kulit dengan lingkungannya ini disebut mimikri.

Selain kemampuannya mengubah warna, bunglon juga memiliki lidah yang panjang dan sangat lengket. Lidah ini berguna untuk menangkap serangga yang menjadi makanan kesukaannya.


CICAK 




Cicak merupakan reptil yang unik. Dia punya kemampuan untuk merayap di dinding. Telapak kaki cicak terdapat cekungan seperti mangkok yang bisa melekatkan kakinya pada dinding.

Saat ada musuh atau pemangsa datang, dia akan melindungi diri dari gangguan musuhnya dengan cara memutus ekornya. Ekornya akan langsung putus saat terpegang oleh musuhnya. Uniknya ekornya ini akan bergerak-gerak sendiri walau sudah putus.


Hal ini membuat pemangsanya sibuk dengan ekornya, di saat yang sama cecak akan lari menyelamatkan diri.  Ekor cecak yang putus, akan tumbuh kembali. Pemutusan ekor pada cecak itu disebut autotomi.


CUMI CUMI 




Cumi-cumi hidup di air laut. Memiliki kemampuan melarikan diri yang luar biasa. Saat ada pemangsa datang mendekat, dengan cepat cumi-cumi menyemprotkan tinta hitam yang dapat menghalangi pandangan musuh.


Di saat yang sama, dia akan memancarkan air dari tubuhnya sehingga cumi-cumi terdorong ke arah belakang.


BEKICOT 




Hewan lunak, seperti bekicot memiliki kemampuan khusus untuk melindungi diri dari musuh. Pada bagian luar tubuh hewan yang jalannya lamban ini terdapat pelindung yang dinamakan cangkang. Mereka menggunakan cangkang sebagai pelindung diri.

Ketika menghadapi musuhnya, hewan ini segera memasukkan tubuhnya ke dalam cangkang. Selain Bekicot, ada juga hewan yang melindungi dirinya dengan cangkang, misalnya keong dan penyu.

Nah, bagaimana? Sudah tahu mengenai berbagai macam kemampuan dari hewan?

Hebat-hebat kan kemampuan dari hewan-hewan ini, Nah untuk lebih dalam lagi memahami kemampuan dari hewan, kamu bisa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitarmu lalu kamu cari kemampuan khusus dari mereka. 

Sampai jumpa di topik pembahasan yang lain ya.


MATERI TERKAIT


No comments:

Post a Comment