Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Ciri Khusus Tumbuhan


Gais, tidak hanya hewan yang mempunyai kemampuan yang luar biasa. Tumbuhan juga memiliki kemampuan yang luar biasa.


Kali ini kita akan belajar bersama-sama mengenai kemampuan tumbuhan yang mengagumkan. Kemampuan ini merupakan kemampuan tumbuhan dalam beradaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan ini digunakan tumbuhan untuk 3 hal, yaitu :

  1. Mencari makan
  2. Melindungi diri dari pemangsa
  3. Mempertahankan diri dari keadaan lingkungan yang tidak menguntungkan

Mari kita mengenali beberapa kekuatan yang dimiliki oleh hewan yang kita kenal dibawah ini

POHON JATI




Pada musim kemarau yang panas, penjual es laris, pohon jati menggugurkan daunnya. Es berguna untuk menghilangkan dahaga. Daun-daun jati yang berguguran itu berguna untuk mengurangi penguapan, sehingga kebutuhan akan air dapat dikurangi. Karena pada musim kemarau jarang sekali turun hujan. Dengan begitu pohon jati tetap dapat bertahan hidup walaupun cadangan air dalam tanah sangat kurang akibat tidak adanya hujan.

Pengguguran daun ini menunjukkan bahwa tanaman juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dalam usaha mempertahankan hidup. Selain pohon jati, pohon kedondong juga menggugurkan daunnya pada musim kemarau.


KANTONG SEMAR




Kantong semar ini tumbuhan yang sangat unik. Tumbuhan ini hidup dengan memakan serangga. Kalau bentuknya besar, bisa jadi manusia yang dimakan. Ha ha, untungnya bentuknya kecil. Jadi sukanya makan serangga.

Untuk memakan serangga, kantong semar memiliki kantong khusus berisi cairan yang berfungsi untuk mencerna mangsanya. Pada dinding bagian dalam kantung ini permukaannya licin, sehingga serangga yang hinggap di bibir kantong mudah tergelincir ke dasar kantong. Serangga itu kemudian dimakan dan dicerna dengan cairan didalam kantungnya tersebut.

KAKTUS




Kaktus seringkali kita temui di di daerah gurun yang panas dan sedikit sekali air. Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, tumbuhan kaktus harus menyimpan sebanyak mungkin air ketika hujan turun. Air ini harus mencukupi kebutuhannya selama musim kering. Itulah sebabnya struktur tumbuhan kaktus berbatang hijau tebal dan berdaging. Bagian batang tanaman ini berguna untuk menyimpan air sebagai cadangan selama musim kering.

Selain itu daun kaktus beradaptasi dan berubah bentuk menjadi duri. Daun yang berubah bentuk itu berguna untuk mengurangi hilangnya air akibat penguapan, dan untuk melindungi kaktus dari hewan pemangsanya.

Selain kaktus, tanaman yang juga memiliki duri pada batangnya yaitu mawar. Tanaman lain yang juga  melindungi diri dengan duri adalah bougenviel, durian, dan nanas

Nah, bagaimana? Sudah tahu mengenai berbagai macam kemampuan dari tumbuhan?

Nah untuk lebih dalam lagi memahami kemampuan dari tumbuhan, kamu bisa mengamati tumbuhan yang ada di sekitarmu lalu kamu cari kemampuan khusus dari mereka.

Sampai jumpa di topik pembahasan yang lain ya.


MATERI TERKAIT


No comments:

Post a Comment