Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Operasi Hitung Campuran



Hai gais, kali ini kita akan membahas tentang operasi hitung. Tahu kan apa itu operasi hitung? Itu lho, tambah-tambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan kawan-kawannya. Kalau cuma tambah-tambahan saja, mungkin bisa dengan cepat sekali selesai. Nah kalau dicampur-campur seperti di bawah ini : 

Gimana gais? udah mules kena soal di atas? ha ha, jangan sakit dulu ya. Sabar-sabar. Kalo saja kita tahu caranya, jadi sangat mudah sekali lho.

Untuk menjawabnya, kita bisa menggunakan tangga operasi hitung, seperti di bawah ini :





Tangga operasi hitung ini adalah cara untuk menghitung operasi hitung yang buanyak banget kayak soal di atas tadi. Caranya sangatlah mudah.

  1. Hitung yang lebih tinggi kedudukannya, Setiap anak tangga memiliki kedudukan yang berbeda-beda, yang paling atas harus didahulukan. Lalu menghitung yang ada di bawahnya. Begitu seterusnya.
  2. Mulai dari sebelah kiri, Kalau semua kedudukan sudah sama, maka yang harus dihitung pertama kali adalah yang berada di sebelah kiri.
Sudah paham? Mari kita selesaikan soal di atas dengan tangga operasi hitung

Latihan Soal


Ingat, selalu hitung terlebih dahulu yang kedudukannya paling tinggi dan kalau sudah sama kedudukannya, mulailah dari kiri





Bagaimana Sudah Paham Sekarang? Syukurlah kalau sudah paham.

Kalau belum jelas, kamu bisa lihat video pembelajaran berikut ini :

Video Pembahasan Operasi Hitung Campuran






Kamu juga bisa latihan soal operasi hitung dengan link di bawah ini ya
Sampai jumpa di bab yang berikutnya ya gais

No comments:

Post a Comment