Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Menentukan Antonim dan Sinonim


Antonim adalah sebuah kata memiliki arti berlawanan. Beberapa kosakata dalam bahasa lndonesia memiliki kata-kata berlawanan arti.

Contoh :
jauh >< dekat
rajin >< malas
baik >< buruk

Sinonim adalah kata yang berbeda, tetapi memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinonim disebut juga persamaan kata atau padanan kata.

Contoh:
Bohong = dusta
Haus = dahaga
pakaian = baju
bertemu = berjumpa

Contoh Soal : 

Kampung Hanjawar merupakan salah satu kampung yang terletak di Desa Malasari. Kampung Hanjawar ini istimewa, karena berbatasan langsung dengan zona inti Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Setiap pagi sekira pukul 08.00 dan sore hari sekira pukul 16.00 Elang Jawa (Zpizaetus bartelsi) selalu melintas di perkebunan. Elang Jawa itu lalu menukik ke permukiman warga untuk mencari seekor anak ayam. Setelah mendapatkan seekor anak ayam, ia membawa terbang anak ayam itu dengan kedua kakinya yang kukuh. Hamparan sawah, berselimut hutan pinus, dan hutan alam Halimun menjadi habitat nyaman bagi perkembangan Elang Jawa

Soal 1. 

Antonim dari kata kukuh dalam paragraph tersebut adalah....
a. Kuat
b. Lemah
c. Tegar
d. Takut

Jawaban : 

Dalam Kamus Besar Bahasa lndonesia, kata kukuh berarti kuat terpancang pada tempatnya; tidak mudah roboh atau rusak; teguh. Lawan tepat kata kukuh adalah lemah. Kata lemah berarti tidak kuat; tidak bertenaga; lembut; tidak tegas. 

Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban b.

Soal 3.

Kampung Hanjawar istimewa, karena berbatasan langsung dengan zona inti Taman Nasional Gunung Halimun Salak.
Sinonim kata inti adalah .. ..
a. Bebas
b. utama 
c. ampas
d. bahan

Jawaban: 

Dalam Kamus Besar Bahasa lndonesia, inti berarti isi yang paling pokok atau penting; pokok isi; sari; pati; sari pati; bagian yang utama, dan penting.

Sinonim yang tepat dari kata inti adalah utama.

No comments:

Post a Comment