Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Mengambil Informasi Untuk Melengkapi Tabel


Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah data informasi. Tabel biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara rapi dan sistematis. Data tersebut disusun urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas. Garis tersebut membantu pembaca untuk memahami isi tabel. Data tersebut memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan. lnformasi ini dapat dijadikan rujukan untuk berbagai keperluan.

Dalam mengisikan informasi dalam tabel harus sesuai fakta di lapangan. Data dalam tabel tidak boleh dimanipulasi atau diubah, baik oleh keinginan sendiri maupun paksaan pihak lain. Biasanya data diperoleh berdasarkan penelitian atau survei terlebih dahulu.

Contoh Soal

Soal 1. Perhatikan data berikut!

Dalam rangka membantu korban tanah longsor Kepala SDN Simokerto 139 meminta setiap siswa dari kelas l-Vl membawa sembako. Sembako yang bisa dibawa antara lain beras, gula, telur, dan kopi. Setelah sumbangan terkumpul, pihak sekolah kemudian menimbang sumbangan sembako dari para siswa. Sumbangan beras  terkumpul 75 kg. Sumbangan gula terkumpul 25 kg. Sumbangan telur terkumpul 10 kg. Sumbangan kopi terkumpul satu kilogram.

No.
Jenis Sumbangan
Jumlah
 1.
Beras
. . .  1)
 2.
Gula
. . .  2)
 3.
Telur
. . .  3)
 4.
Kopi
 . . . 4)

Data tepat untuk mengisi nomor 2) adalah …

Berdasarkan data tersebut, bagian nomor 2) dapat dilengkapi dengan 25 kg. 


Soal 2. Perhatikan data berikut!

Siswa kelas V SDN Simokerto 139 melakukan penimbangan berat badan. Siswa yang memiliki berat badan lebih dari 35 kg sebanyak dua anak. Siswa yang memiliki berat badan 34 kg sebanyak 10 anak. siswa yang memiliki berat badan 33 kg sebanyak 12 anak. Siswa yang memiliki berat badan 32 sebanyak tiga anak. siswa yang memiliki berat badan kurang dari 31 kg sebanyak tiga anak.

NO.
Berat Badan (kg)
  Jumlah
 1.
di atas 35
   . . . 1)
 2.
34
   . . . 2)
 3.
33
   . . . 3)
 4.
32
   . . . 4)
 5.
Kurang dari 31
   . . . 5)

Data tepat untuk mengisi nomer 4) adalah . . . .

Berdasarkan data tersebut, bagian nomor 4) dapat dilengkapi dengan 3. 


No comments:

Post a Comment