Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Perpindahan Panas Secara Konduksi, Konveksi, dan Radiasi



Pernahkah kamu membuat api unggun. Meskipun kamu berada jauh dari api unggun, tapi panasnya api masih dapat kamu rasakan. Hal ini karena panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya.

Mengapa panas bisa berpindah? Panas bisa berpindah karena perbedaan suhu antara benda yang satu dan lainnya. Panas akan mengalir dari benda yang suhunya tinggi ke benda bersuhu lebih rendah. Aliran panas akan berhenti jika suhu kedua benda sama.

Bagaimana proses perpindahan panas tersebut terjadi? Panas bisa berpindah dengan tiga cara, yaitu secara konduksi, konveksi, dan radiasi.

Konduksi


Panas dari Setrika Berpindah ke Kain Secara Konduksi
Konduksi adalah perpindahan panas melalui bahan namun tanpa disertai perpindahan partikel-partikel bahan tersebut.

Contoh perpindahan panas secara konduksi adalah saat kita menyetrika pakaian. Setrika yang panas bersentuhan dengan pakaian yang disetrika, maka panas akan berpindah dari setrika ke kain.
Demikian pula jika kita memanaskan sebuah kawat besi, maka tangan kita akan terasa panas walaupun posisi tangan kita tidak berada pada ujung yang dipanaskan.

Konduktor adalah bahan yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Sedangkan isolator adalah bahan yang menghantarkan panas dengan buruk.

Setiap benda memiliki kemampuan menghantarkan panas secara konduksi (konduktivitas) yang berbeda-beda.

Contoh konduktor adalah besi, kuningan, perak, tembaga, emas, aluminium, baja, dan timbal. Contoh isolator adalah kayu, styrofoam, bata, kain, dan air.

Berbagai peralatan memasak di rumah juga memanfaatkan prinsip konduktivitas ini. Pegangannya menggunakan isolator, sementara bagian yang bersentuhan dengan apa menggunakan konduktor panas yang baik.

Penggorengan Memanfaatkan Sifat Konduktivitas Bahan

Konveksi

Arus Konveksi pada Angin Darat dan Angin Laut 
Konveksi adalah perpindahan panas dari satu tempat ke tempat lainnya yang disertai/bersama dengan gerak partikel-partikel bendanya.

Contoh konveksi adalah merebus air. Perhatikan saat kamu merebus air. Yang dipanaskan adalah air bagian bawah, ternyata air di bagian atas juga ikut panas. Hal ini karena panas dari air bagian bawah berpindah bersama aliran air menuju bagian atas.

Fenomena alam yang merupakan konveksi panas adalah terjadinya angin darat dan angin laut.

Beberapa peralatan di rumah kitajuga memanfaatkan prinsip konveksi, antara lain pada oven, pemanggang roti, penanak nasi, dll.

Radiasi


Panasnya Api Unggun Dapat Dirasakan Karena Radiasi
Radiasi adalah perpindahan panas yang tidak memerlukan medium/perantara. Contoh radiasi dalam kehidupan sehari-hari adalah sinar matahari yang kita rasakan hangat atau bahkan panas.

Saat kamu mengadakan camping, pernahkah kamu membuat api unggun? Saat kamu mengelilingi api unggun, tubuhmu merasa hangat karena pancaran panas dari api unggun tersebut. Peristiwa api unggun ini adalah juga contoh radiasi.



No comments:

Post a Comment