Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Pengaruh Perubahan Suhu Terhadap Wujud Benda



Ada tiga macam wujud benda yang ada di sekitar kita, yaitu padat, cair, dan gas. Terdapat kaitan yang sangat erat antara wujud benda dengan suhu. Dan hubungan antara suhu dengan wujud benda ini sangat mudah kita jumpai dalam keseharian kita.

Es lilin yang baru kamu beli terasa padat. Namun coba letakkan es lilin itu di meja makan, lama kelamaan es lilin itu akan berubah menjadi cair. Proses perubahan es lilin dari padat menjadi cair ini akan berlangsung lebih cepat jika kamu meletakkannya di luar rumah saat cuaca terik.

Suhu dapat menyebabkan perubahan wujud benda antara cair, padat, dan gas. Suhu panas dapat menyebabkan benda padat menjadi gas, suhu dingin bisa membuat sebuah cairan menjadi padat, dan berbagai macam perubahan wujud benda terjadi akibat pengaruh suhu.


Mencair/Melebur


Es Krim Perlahan Akan Mencair

Mencair adalah perubahan wujud benda dari wujud padat menjadi wujud cair. Contoh: es dalam air teh menjadi air, mentega dipanaskan menjadi minyak.

Membeku


Membeku adalah perubahan wujud benda dari cair menjadi wujud padat. Contoh: air didinginkan menjadi es.

Menguap


Menguap adalah perubahan wujud benda dari wujud cair beralih ke wujud gas. Hal ini terjadi karena pengaruh suhu yang tinggi. Contoh: air dididihkan lama kelamaan akan habis karena air menjadi gas yang bercampur dengan udara.

Mengembun


Mengembun adalah perubahan wujud benda dari wujud gas menjadi cair.

Contoh: air sirup dingin akan menjadikan bagian luar gelasnya basah. Hal ini terjadi karena adanya pengembunan. Suhu gelas lebih rendah dibandingkan suhu uap air di sekitar gelas.

Menyublim


Kapur Barus Lama Kelamaan Akan Habis Karena Menyublim

Menyublim adalah perubahan wujud benda dari bentuk padat menjadi wujud gas. Contoh: Kapur barus lama kelamaan akan habis karena menyublim.

Menghablur


Perubahan wujud benda dari gas menjadi padat. Contoh: proses pembuatan ammonium nitrat untuk pupuk tanaman.

No comments:

Post a Comment