Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Energi Listrik



Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan, melainkan hanya berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya.

Demikian juga listrik. Listrik merupakan salah satu bentuk energi. Listrik diperoleh melalui berbagai sumber energi listrik.

Sumber-Sumber Energi Listrik



Energi listrik diperoleh melalui berbagai sumber, diantaranya adalah:

Aki dan baterai

Aki dan baterai merupakan salah satu sumber energi listrik. Kedua benda ini mengubah energi kimia menjadi energi listrik.

Dinamo dan generator

Dinamo dan generator merupakan sumber energi listrik di mana kedua alat ini mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Dinamo biasa kita jumpai di sepeda-sepeda. Sedangkan generator pada prinsipnya sama saja dengan dinamo, hanya saja ukurannya lebih besar.

Sel surya

Matahari merupakan sumber energi yang sangat besar. Energi matahari adalah berupa panas dan cahaya. Nah, matahari ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Caranya adalah dengan menggunakan sel surya. Sel surya ini menangkap energi dari matahari, mengubahnya menjadi energi listrik, dan menyimpannya dalam elemen listrik.

Nuklir

Nuklir merupakan sumber energi yang sangat besar. Energi nuklir yang terkendali bisa dihasilkan dari reaksi atom di dalam sebuah reaktor. Panas yang dihasilkan dari energi reaksi atom ini digunakan untuk memanaskan air di dalam ketel, uap air bertekanan tinggi yang dihasilkan digunakan untuk menggerakkan turbin untuk kemudian menghasilkan listrik.

Penyaluran Energi Listrik


Listrik yang ada di rumah, kantor, jalan, pabrik, sebagian besar dihasilkan melalui pembangkit listrik. Pembangkit listrik ini ada yang menggunakan tenaga uap, tenaga air, tenaga nuklir, tenaga matahari, tenaga angin, dan banyak lagi.

Energi listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik akan disalurkan ke rumah, pabrik, perkantoran, dan lain sebagainya melalui kabel listrik yang terentang jauh.

Ilustrasi penyaluran energi listrik dari pembangkit listrik ke rumah dapat dilihat pada gambar berikut

Penyaluran energi listrik dari pembangkit listrik tenaga uap

Perubahan Energi Listrik


Berbagai peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya

Energi listrik sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berbagai peralatan rumah tangga mengubah energi listrik menjadi bentuk energi lain seperti panas, gerak, dan cahaya.


Perubahan energi listrik menjadi energi panas


Energi listrik dapat diubah menjadi panas. Ada banyak alat yang dapat mengubahnya. Contohnya, setrika listrik, kompor listrik, dispenser, dan solder. Di dalam alat-alat tersebut terdapat elemen pemanas. Ketika dialiri arus listrik, elemen pemanas menjadi panas.

Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya


Lampu listrik mengubah energi listrik menjadi energi cahaya.

Perubahan energi listrik menjadi energi gerak


Mobil-mobilan, kipas angin, blender, mesin cuci, adalah beberapa peralatan yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi


Radio, televisi, juga telepon, adalah beberapa alat yang mengubah energi listrik menjadi energi bunyi atau suara.




No comments:

Post a Comment