Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Mengetahui Manfaat Air Serta Daur Air



Faktanya, 70% permukaan bumi terdiri atas air. Kamu bisa melihatnya menggunakan Google Earth saat berselancar di internet.

Warna biru yang terlihat, adalah air. Karena itulah bumi juga sering disebut planet biru.

Air di bumi terdapat di lautan, danau, sungai, juga air tanah, serta uap air yang ada di udara.

Air sangat penting bagi kehidupan. Hampir setiap elemen kehidupan di bumi ini memerlukan air untuk melangsungkan kehidupannya. Tumbuhan memerlukan air untuk berfotosintesis, sedangkan manusia memerlukan air untuk metabolisme dan memenuhi beragam kebutuhan hidup.

Daur Air


Daur air

Apakah kamu pernah bertanya-tanya, dari mana asalnya air yang kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari? Bagaimana air itu tidak habis, padahal terus dipakai? Jangan jawab dari PDAM ya...

Air yang kita pakai untuk keperluan sehari-hari itu berasal dari berbagai sumber, bisa dari tetesan air hujan, air tanah, dan juga dari berbagai badan air di bumi ini. Air di bumi ini berubah wujud secara berulang-ulang dengan atau tanpa kita sadari, tak perlu ijin pula.

Proses perubahan wujud air ini terjadi dalam sebuah daur/siklus yang disebut dengan daur air. Daur air ini meliputi proses penguapan, pengembunan, dan proses presipitasi atau pengendapan.

Proses terjadinya daur air adalah sebagai berikut:

Akibat panas dari sinar matahari, air permukaan akan menguap menjadi uap air. Proses penguapan ini terjadi dengan bantuan energi dari sinar matahari dan angin. Kemudian terjadilah proses pengembunan, tatkala uap air mengalami pendinginan dan berubah menjadi titik-titik air atau kristal air. Saat inilah partikel air akan membentuk awan.

Setelah awan terbentuk, terjadilah proses presipitasi  atau pengendapan, yaitu saat partikel air jatuh ke bumi dalam bentuk hujan. Air hujan yang jatuh ini sebagian mengalir di permukaan tanah, ke sungai, laut dan danau, serta ada pula yang terserap oleh bumi menjadi air tanah. Air permukaan inilah yang nantinya akan menguap menjadi uap air, dan demikianlah terjadi daur air.



No comments:

Post a Comment