Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Mengenal Energi dan Sumber Energi



Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan.  Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemui bentuk energi. Sebut saja energi listrik. Energi listrik kita gunakan untuk menerangi ruangan melalui sebuah lampu, untuk menanak nasi, menyetrika, mencuci pakaian, dan banyak lagi kegunaan lainnya.

Dari mana kita memperoleh energi? Perlu diketahui bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, melainkan hanya berubah bentuk dari satu energi ke energi lainnya.

Energi listrik pun demikian, ia dihasilkan dari berbagai sumber. Secara umum sumber energi di alam terbagi menjadi dua, yaitu sumber energi yang tidak dapat diperbarui dan sumber energi yang dapat diperbarui atau sumber energi alternatif

Sumber Energi Yang Tidak Dapat Diperbarui


Contoh sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi, gas, dan batubara.
Ketiga sumber energi ini jumlahnya terbatas dan lama-kelamaan akan habis terpakai. Minyak bumi, gas, dan batubara ini kita gunakan sebagai bahan bakar transportasi, bahan bakar pembangkit listrik, untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.

Mengenal Sumber Energi Alternatif Terbarukan


Bagaimana jika cadangan minyak bumi, gas, dan batubara sudah habis? Dari mana kita memperoleh energi?

Di alam banyak tersedia energi yang tidak akan habis kita gunakan, antara lain matahari, angin, air, panas bumi, dan gelombang laut.

Energi Matahari


Panel surya mengubah energi matahari menjadi energi listrik

Energi matahari adalah sumber energi terbesar dan paling besar ketersediaannya. Melalui penggunaan panel surya, energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik.

Energi Angin (Kincir Angin)


Kincir angin adalah salah satu contoh sumber energi listrik alternatif. Energi gerak, yang dihasilkan oleh gerakan angin terhadap kincir, diubah oleh generator menjadi energi listrik. Berbeda dengan batubara, gas, dan minyak bumi, kincir angin tidak menyebabkan polusi bagi lingkungan, sehingga kincir angin dipercaya ramah terhadap lingkungan.

Energi Air (Hydropower)


Air yang mengalir dari hulu ke hilir, khususnya pada sungai-sungai yang deras, dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik. Arus air sungai tersebut dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang terhubung pada generator sehingga energi listrik dapat dihasilkan.

Banyaknya jumlah sungai dan danau air tawar membuat Indonesia membangun banyak Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di berbagai wilayah.

Panas Bumi


Energi panas bumi (energi geotermal) merupakan energi yang berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi. Bumi yang terbentuk, seperti bola sesungguhnya tersusun dari lapisan-lapisan. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Hal itu menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar.

Gelombang air laut


Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik.

Bahan Bakar Bio


Berbagai sumber bahan bakar bio

Bahan bakar bio merupakan bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan.

Bahan bakar bio yang berasal dari tumbuhan di antaranya tumbuhan berbiji yang mengandung minyak, seperti bunga matahari, jarak, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biodiesel. Biodisel dapat digunakan untuk menggantikan solar.

Singkong, ubi, jagung, dan sagu dapat diubah menjadi bioetanol. Bioetanol dapat menggantikan bensin ataupun premium.

Bahan bakar bio juga dapat berasal dari kotoran hewan. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biogas. Kotoran hewan yang ada dimasukkan ke dalam ruangan bawah tanah (lubang). Penguraian kotoran hewan dengan bantuan bakteri akan dihasilkan gas metana yang digunakan sebagai sumber energi panas kompor. Selain itu, bahan bakar ini dapat juga dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.


No comments:

Post a Comment