Google Analityc

Share Aholic

Script Google Adsense

Struktur Organ Tumbuhan Hijau



Di sekitar kita banyak tumbuhan hijau yang dapat dengan mudah kita jumpai. Warna hijau pada tumbuhan disebabkan adanya klorofil.

Klorofil merupakan zat hijau daun. Fungsi klorofil adalah untuk memasak makanan. Klorofil memasak makanan dengan bantuan sinar matahari. Makanan yang dihasilkan ini kemudian akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

Struktur Organ Tumbuhan Hijau


Organ-organ tumbuhan sangat penting dalam proses pembuatan makanan. Adapun organ tumbuhan yang berperan dalam proses pembuatan makanan adalah akar, batang, dan daun.

Akar


Akar pada beragam jenis tumbuhan

Akar merupakan bagian terbawah tumbuhan. Fungsi utama akar pada tumbuhan adalah:
  1. untuk tegaknya tumbuhan,
  2. untuk menyerap unsur hara dari dalam tanah,
  3. untuk menyerap air,
  4. untuk bernapas, dan
  5. untuk menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan berakar umbi.

Batang


Berbagai jenis batang pada tumbuhan

Batang adalah bagian tumbuhan yang terletak di atas akar. Batang berfungsi sebagai tempat duduknya daun. Selain sebagai tempat duduknya daun, fungsi utama batang yang lain adalah:
  1. Untuk tegaknya tumbuhan,
  2. Untuk menyalurkan bahan makanan dari akar ke daun,
  3. Untuk mengedarkan makanan berupa hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan,
  4. Sebagai tempat menyimpan sari makanan.

Daun



Daun merupakan tempat terjadinya fotosintesis. Fotosintesis terjadi di daun karena daun mempunyai zat hijau daun atau klorofil. Fungsi utama daun antara lain:
  1. sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.
  2. sebagai organ pernapasan. Berkebalikan dengan manusia, daun tanaman menyerap karbondioksida (CO2) dan melepas oksigen (O2) pada siang hari. 
Pada malam hari, tumbuhan menyerap oksigen (O2) dan melepas karbondioksida (CO2). Proses pernapasan pada tumbuhan terjadi melalui mulut daun atau disebut juga stomata.

Daun dapat menunjukkan kesuburan suatu tanaman. Semakin banyak jumlah daun maka tanaman akan hidup subur, karena proses fotosintesis bisa terjadi secara optimal.

Bunga


Bunga yang sering kita nikmati keindahannya, adalah bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan

Buah


Buah dari tumbuhan sering kita nikmati, dan sangat bermanfaat bagi manusia. Buah adalah bagian tumbuhan yang berfungsi membungkus dan melindungi biji. Contohnya buah mangga dan buah apel. Buah terdiri dari daging buah dan biji. Bagian yang kita makan biasanya daging buahnya.

Biji


Biji adalah hasil dari pembuahan pada tanaman, yang terjadi akibat penyerbukan antara serbuk sari dan putik. Biji jika dditanam akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Biji ada yang berkeping satu (disebut monokotil) dan ada yang berkeping dua (disebut dikotil)

No comments:

Post a Comment